manajemen layanan sistem informasi : TOKOPEDIA

Nama : Andhika Prasetya Nugraha

Npm   : 10118722

Kelas : 2KA04


Selamat datang di blog saya, dibawah ini merupakan beberapa pendapat saya tentang manajemen layanan sistem informasi mengenai tokopedia, saya juga akan memberikan beberapa sistem yang menurut saya menarik, serta memberikan pendapat saya mengenai sistem tersebut



Tokopedia merupakan salah satu perusahaan e commerce terbesar di indonesia yang merupakan bisnis model market place dimana semua orang dapat menjual dan membeli barang. Saya pribadi sangat sering mengunjungi Tokopedia untuk berbelanja online karena menurut saya user interface tokopedia sangat menarik dan memudahkan kita bisa mengakses pembayaran/penjualan. proses pembayarannya pun menurut saya mudah, praktis dan terjamin keamananya, dimana hal-hal tersebut akan saya bahas dibawah ini

FITUR PEMBAYARAN/TAGIHAN UMUM







oh iya, selain jual beli barang, jika kita membuka  dihalaman beranda, maka akan terdapat berbagai pembayaran umum. Fitur tersebut disediakan tokopedia untuk memudahkan kita membayar berbagai pembayaran/tagihan umum seperti tagihan listrik, voucher game, pulsa, tagihan telkom, BPJS dan lainnya.






SISTEM PEMBAYARAN





sistem pembayaran tokopedia bisa dibilang sederhana, hal pertama yang dilakukan adalah memasukan barang yang kita inginkan kedalam keranjang, setelah itu kita akan menentukan metode pembayaran kita, kemudian menulis alamat pengiriman, lalu checkout, hal terakhir yang kita harus lakukan adalah membayar barang sesuai metode yang sudah kita pilih. Adapun metode pembayaran yang disediakan tokopedia sangatlah banyak, kita bisa membayar dari atm, ataupun Indomaret terdekat. Kita pun juga bisa memilih pembayaran metode jarak jauh yang merupakan metode sangat terkenal seperti
sms banking, M-banking yang memudahkan pembeli agar tidak perlu keluar rumah

 SISTEM FREE RETURN/REFUND



Sistem refund tokopedia merupakan hal yang menarik perhatian saya ketika pertama kali berbelanja. Jika kita sudah check out dan membeli barang, maka penjual akan diberikan waktu beberapa hari untuk segera merespon terhadap produk yang sudah dibeli. Jika penjual tidak mengemas/merespon pesanan yang sudah kita beli, maka pembelian tersebut akan dicancel automatis dan uang kita keluarkan akan dikembalikan kembali ke rekening kita. Sistem tersebut sangat membantu dalam meminimalisir penipuan belanja online. Adapun jika kita barang/produk yang kita beli rusak, maka kita bisa mengajukan pengembalian barang dan menggantinya dengan yang baru dengan memilih pilihan "komplain".

 Mungkin sekian pendapat saya tentang beberapa sistem layanan perusahaan tokopedia, walaupun masih ada nya kekurangan dari sistem perusahaan ini, namun untuk saya pribadi, sistem yang telah dibuat tokopedia sangatlah bagus dengan sistem pembayaran yang mudah, interface yang bagus dan sistem refund yang bisa mengurangi kerugian/penipuan belanja online.





































Comments

Popular Posts