ILMU PENGETAHUAN SOSIAL & ILMU SOSIAL DASAR

Nama : Andhika Prasetya Nugraha

Npm   : 10118722

  

  Pada Artikel saya kali ini saya akan mencoba membahas sedikit yang saya ketahui mengenai Ilmu Pengetahuan dan Ilmu Sosial Dasar , sebagaimana yang perlu di ketahui sebelumnya bahwa kedua hal tersebut baik Ilmu Pengetahuan Sosial maupun Ilmu Sosial Dasar sangat penting bagi manusia karena saling berkaitan khususnya dalam sosialisasi hubungan bermasyarakat.

Pertama-tama Saya akan menjelaskan terlebih dahulu Apa Pengertian dari Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu Sosial Dasar,
Berikut ini adalah Pengertiannya.

 

   A. PENGERTIAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL & ILMU SOSIAL DASAR



  • Apakah yang dimaksud dengan Ilmu Pengetahuan Sosial?

         Ilmu Pengetahuan Sosial atau  social studies  merupakan pengetahuan mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan  masyarakat. di Indonesia pelajaran ilmu pengetauan sosial disesuaikan dengan berbagai prespektif  sosial yang berkembang di masyarakat. Kajian tentang masyarakat dalam IPS dapat dilakukan dalam lingkungan yang terbatas, yaitu lingkungan sekitar sekolah atau siswa dan siswi atau dalam lingkungan yang luas, yaitu lingkungan negara lain, baik yang ada di masa sekarang maupun di masa lampau.

  • Apakah yang dimaksud dengan Ilmu Sosial Dasar?

            Ilmu sosial dasar adalah pengetahuan yang mempelajari tentang masalah-masalah sosial yang terjadi pada masyarakat dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, dan teori) yang berasal dari gabungan disiplin ilmu-ilmu sosial, serta diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah sosial dalam menghadapi lingkungan sosial. Dari pengertian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa ilmu sosial dasar adalah pengetahuan yang mempelajari tentang cara manusia berkomunikasi/berhubungan satu sama lain.

  

   B. TUJUAN DAN MANFAAT ILMU SOSIAL DASAR



  • Tujuan Ilmu Sosial Dasar
            Tujuan ilmu sosial dasar adalah memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji gejala-gejala sosial dan lebih memahami dan menyadari bahwa setiap kenyataan sosial dan masalah sosial ada dalam masyarakat dan selalu bersifat kompleks, kita hanya bisa memahaminya secara kritis. Untuk itulah ilmu sosial dasar mempunyai peran penting agar mahasiswa memiliki bekal yang cukup dalam hidup bermasyarakat.

  • Manfaat Ilmu Sosial Dasar
          ilmu sosial dasar sangat penting bagi kita karena dengan kita mempelajari ilmu sosial dasar kita jadi lebih menyadari dan memahami adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial di dalam masyarakat, menjadi lebih peka terhadap masalah-masalah sosial yang ada di lingkungannya dan tanggap untuk ikut serta atau membantu dalam usaha-usaha menanggulanginya, jadi lebih menyadari bahwa setiap masalah sosial yang terjadi dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mempelajarinya, membantu masyarakat mengenal satu sama lain, saling berinteraksi, lebih memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain, membantu perkembangan wawasan penalaran kepribadian mahasiswa.


   C. CONTOH MASALAH-MASALAH SOSIAL YANG ADA DIDALAM MASYARAKAT



  • Kemiskinan

    











Kemiskinan adalah dimana ketidak mampuan dalam mencapai sesuatu yg diharapkan.dalam kemiskinan itu sendiri mempunyai faktor-faktor yang mempengaruhi sperti; tingkat pendidikan dan pekerjan yang semakin sedikit, dalam pekerjaan itu sendiri  sekarang mempunyai standar untuk diterima sebagai karyawan  dan adanya kontrak pegawai.   


  • Tindak kejahatan

       







     



Contoh tindak kejahatan adalah pencurian, perampokan, penjambretan, pencopetan, pemalakan, korupsi, pembunuhan, dan penculikan. Banyaknya tindak kejahatan menciptakan rasa tidak aman. Perampokan dan penodongan menggunakan senjata api sering terjadi di kota besar. Di desa pun sering terjadi pencurian. Misalnya, ada yang mencuri ternak, hasil pertanian, hasil hutan, dan sebagainya. 


  • Pengangguran











   Pengangguran adalah  ketidak mampuan bersaing dalam dunia kerja, dan ini menjadi masalah serius untuk di beberapa negara berkembang. Biasanya penganguran bertambah tapi tempat kerja tetap bahkan berkurang, dan penduduk yang dari desa memadati ibu kota berharap mendapat kerja yang layak.







Comments

Popular Posts