Inovasi Teknologi Informasi & Komunikasi

Nama : Andhika Prasetya Nugraha

Npm   : 10118722

 

A. PENGERTIAN INOVASI


Inovasi dan inovatif adalah dua hal yang selalu dikaitkan bersama-sama. Pengertian inovatif menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah mengenalkan sesuatu yang bersifat baru. Lalu, apa yang dimaksud dengan inovasi? Menurut KBBI, inovasi adalah pemasukan atau pengenalan hal-hal yang baru, atau pembaharuan. Pengertian dari inovasi lainnya adalah usaha yang dilakukan oleh seseorang dengan mendayagunakan pemikiran, kemampuan imajinasi, berbagai stimulan, dan individu yang mengelilinginya.

Tujuannya adalah menghasilkan produk baru, baik bagi dirinya sendiri maupun lingkungannya. Seseorang yang berhasil melakukan sebuah inovasi adalah seseorang yang inovatif. Secara tidak langsung, manfaat inovatif adalah membawa sesuatu hal yang baru yang dapat memudahkan kehidupan manusia dan membawa manusia ke dalam kondisi kehidupan yang lebih baik. 




B. TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

 

 

Teknologi informasi dan komunikasi mencakup dua aspek, yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi, mencakup segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan, teknologi komunikasi mencakup segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.

Maka, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah suatu kesatuan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan dan transfer/pemindahan informasi antar media

Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi antara lain :
  1. Informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan pendidikan

  2. Konsultasi dengan pakar, konsultasi dangan para ahli dibidangnya dapat dilakukan dengan mudah walaupun ahli tersebut berada ditempat yang sangat jauh
  3. Perpustakaan online, perpusatakaan online adalah perpustakaan dalam bentuk digital.
  4. Diskusi online. Diskusi online adalah diskusi yang dilakukan melalui internet.

  5. Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan.

  6. Kemajuan TIK juga akan memungkinkan berkembangnya kelas virtualatau kelas yang berbasis teleconference yang tidak mengharuskan sang pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.

  7. Sistem administrasi pada sebuah lembaga pendidikan akan semakin mudah dan lancar karena penerapan sistem TIK.


C. CONTOH INOVASI DALAM TEKNOLOGI INFORMASI


Tapplock



Secara umum, gembok sangat penting keberadaannya. Tentu saja untuk memastikan gerbang rumah, kendaraan, pintu, bahkan tas tetap aman. Gembok konvensional pada umumnya memerlukan kunci untuk membuka gembok tersebut. Well, cara sederhana ini sudah lazim kita jumpai meskipun masih ada kelemahannya. Misalnya saja ketika kita kehilangan kunci padahal sedang buru-buru untuk membuka pintu gerbang rumah. Pasti merepotkan ya. Berangkat dari permasalahan tersebut, sebuah produk gembok yang inovatif memperkenalkan cara baru untuk membuka gembok.
 
TappLock atau kamu bisa menyebutnya dengan Tapp saja adalah gembok canggih dimana ia memiliki perangkat yang dapat membaca sidik jari seseorang sebagai “kunci” pembukanya. Gembok ini menjadi jawaban atas masalah klasik pada gembok konvensional seperti kehilangan kunci dan lupa kombinasi kode. Dengan TappLock, kamu cukup menempelkan sidik jari dan gembok akan terbuka.
 
TappLock ini sepertinya sangat peduli terhadap keamanan pemakainya. Mereka tidak hanya memilih bahan baja yang kuat agar tidak mudah dipatahkan, tetapi sistem anti pencurian yang juga mereka tanamkan.

Canggih, Hanya Butuh Sidik Jari untuk Membuka Gembok IniGembok akan berbunyi jika ada seseorang yang mencoba membobolnya. Selain itu fitur anti-shimming memastikan benda-benda asing yang berpotensi membuka gembok tidak akan bisa masuk ke dalam.










Canggih, Hanya Butuh Sidik Jari untuk Membuka Gembok Ini
Memanajemen gembok dengan bantuan aplikasi smartphone     


Inilah inovasi yang membuat kamu akan tergiur untuk memiliki gembok pintar ini. Kamu bisa berbagi akses gembok dengan teman-teman atau keluarga dengan batas maksimum 200 orang. Aplikasi ini memungkinkan untuk menyesuaikan waktu, lokasi, dan durasi akses pada masing-masing individu. Kamu juga bisa memantau penggunaan gembok melalui aplikasi ini. TappLock menyediakan aplikasi yang kompatibel dengan Android, iOS, dan Windows Phone.

Gembok umumnya selalu berada di luar ruangan, ia harus tahan berbagai kondisi cuaca termasuk hujan. TappLock memastikan perangkat elektroniknya dapat bertahan dari air dan kelembapan karena telah dilapisi bahan kimia khusus. Dengan menggunakan baterai lithium-ion, TappLock dapat bertahan hingga 3 tahun dalam satu kali pengisian daya. Versi lainnya, yakni TappLock Lite mampu bertahan selama 6 bulan. Kamu tidak perlu khawatir jika baterai TappLock sekarat, bahkan dalam kondisi 5% saja bisa membuatnya tetap hidup selama beberapa bulan. Notifikasi daya baterai bisa diketahui melalui aplikasi smartphone.

Kerennya TappLock, ia dapat berfungsi sebagai pengisi daya smartphone darurat. TappLock memanfaatkan sejumlah tenaga pada baterainya dan disalurkan ke smartphone melalui kabel charger. Menurut pengembangnya, TappLock bisa mengisi baterai hingga 70% pada rata-rata smartphone yang beredar saat ini.




Sumber : 

https://www.studilmu.com/blogs/details/pengertian-inovasi-dan-8-hal-penting-menjadi-inovatif

https://www.gurupendidikan.co.id/teknologi-informasi-dan-komunikasi/

https://www.sefsed.com/canggih-hanya-butuh-sidik-jari-untuk-membuka-gembok-ini/


Gambar dan Ilustrasi :

http://ciec.edu.co/noticias-recientes/glosario-de-innovacion-educativa/

https://jagad.id/pengertian-teknologi-informasi-dan-komunikasi-fungsi-tujuan-dan-perkembangan/

https://c1.neweggimages.com/ProductImage/AED4_131862534107839863F5qfTwUX4x.jpg










 

Comments

Popular Posts