PENGIMPLEMENTASIAN COBIT PADA PERUSAHAAN PT GOJEK

Nama : Andhika Prasetya Nugraha

Kelas : 2KA04

Npm   : 10118722


Selamat datang di blog saya. Kali ini saya akan membahas tentang pengimpementasian COBIT pada sistem perusahaan. Ada banyak sekali perusahaan yang mengimplementasikan COBIT pada perusahaan mereka, untuk sekarang saya akan membahas bagaimana GOJEK yang merupakan perusahaan transportasi online terbesar di Indonesia ini, menggunakan COBIT untuk memperbaiki dan meningkatkan Layanan manajemen IT di perusahaan mereka. Tetapi sebelum itu, kita akan membahas terlebih dahulu pengertian dari COBIT itu sendiri dan mengapa COBIT sangat penting untuk diterapkan dibeberapa perusahaan.

Apa itu COBIT?

Teknologi Informasi dapat membantu membuat keputusan pada tingkatan manajerial, akan tetapi penerapan Teknologi Informasi membutuhkan biaya yang cukup besar dengan resiko kegagalan yang tidak kecil. Untuk membuat penerapan Teknologi Informasi di dalam perusahaan dapat digunakan secara maksimal, maka dibutuhkan pemahaman yang tepat mengenai konsep dasar dari sistem yang berlaku, teknologi yang dimanfaatkan, aplikasi yang digunakan dan pengelolaan serta pengembangan sistem yang dilakukan pada perusahaan tersebut.
COBIT merupakan kumpulan dokumentasi best practices untuk IT governance yang dapat membantu auditor, manajemen, dan user untuk menjembatani gap antara risiko bisnis, kebutuhan kontrol, dan permasalahan teknis. Secara terstruktur, COBIT terdiri dari seperangkat control objective untuk bidang teknologi informasi yang dirancang untuk memungkinkan tahapan bagi audit.



Mengapa Cobit Penting?

Control Objectives for Information and related Technology (COBIT) berguna bagi IT users dalam memperoleh keyakinan atas kehandalan sistem aplikasi yang dipergunakan. Sedangkan para manajer memperoleh manfaat dalam keputusan saat menyusun strategic IT plan, menentukan information architecture, dan keputusan atas procurement (pengadaan/pembelian) inventaris organisasi.



Bagaimana COBIT berperan penting di Perusahaan PT GOJEK

Seperti yang diketahui bahwa PT Gojek Indonesia telah memiliki visi, misi dan tujuan bisnis serta kebijakan, prosedur, dan standar yang telah ditetapkan dan diterapkan. Tetapi, dalam hal manajemen TI belumlah optimal. Oleh karena itu, disini akan menggunakan COBIT untuk menganalisa manajemen IT dalam pengelolaan, pengoperasian dan sistem keamanan informasi dengan dukungan kebijakan, prosedur dan standar yang telah diterapkan oleh perusahaan.

beberapa masalah yang dihadapi perusahaan PT GOJEK pada saat launching antara lain :
  1. Sistem keamanan belum sepenuhnya berjalan dengan baik.
  2. Akses kontrol terhadap sumber daya TI belum dikendalikan oleh orang yang berhak.
  3. Sistem pengembangan teknologi belum berjalan dengan baik sehingga terjadi masalah yang mengakibatkan kerugian
  4. Terjadinya kerugian bagi perusahaan yang diakibatkan penyalahgunaan sumber daya TI.
Fokus utama dari COBIT ini adalah harapan bahwa melaui adopsi COBIT ini perusahaan akan mampu meningkatkan nilai tambah melalui penggunaan TI dan mengurangi resiko-resiko inheren yang teridentifikasi didalamnya

COBIT memiliki 4 cakupan domain , yaitu 
  • Perencanaan dan organisasi (plan and organise)
  • Pengadaan dan implementasi (acquire and implement)
  • Pengantaran dan dukungan (deliver and support)
  • Pengawasan dan evaluasi (monitor and evaluate
     

Kesimpulan dan Review saya

dengan adanya Penerapan COBIT, perusahaan GOJEK mampu menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi perusahaan saat pertama kali launching, walaupun masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki lagi. Namun setidaknya menurut pengalaman pribadi saya yang sudah 3 tahun menggunakan Gojek, saya terkesan dengan perubahan Sistem layanan GOJEK . Pelayanan yang disediakan sudah sangat baik, mulai dari sistem pembayarannya yang mudah, user inteface yang sudah diupgrade sehingga bersifat user friendly, dan juga bagaimana sistem penghubung antara driver dengan pelanggan yang sudah ditingkatkan sehingga kita dengan sangat cepat terhubung dengan driver terdekat.  Kemudahan komunikasi antara pelanggan dengan driver yang merupakan hal penting juga sudah di improve dengan sangat baik. Jika dibandingkan dengan 3 tahun yang lalu, saya terkesan dengan perubahan yang dilakukan oleh perusahaan PT GOJEK









 


 

Comments

Popular Posts